Pages

Senin, 09 Mei 2011

Naskah Pidato Bahasa Indonesia


untuk teman2 yang lagi cari referensi pidato tentang lingkungan hidup, ni saya kasi teks pidato saya saat Ujian praktek SMK. enjoy this
Peduli Lingkungan
Assalamualaikum Wr. Wb.,
Yang terhormat ibu guru penguji,
Hadirin yang berbahagia,
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT karena atas rahmat dan hidayahNYA, kita dapat berkumpul pada acara ini dalam keadaan yang sehat. Selanjutnya saya ucapkan terima kasih kepada ibu guru penguji karena telah memberi kesempatan pada saya untuk menyampaikan pidato.
Hadirin yang terhormat,
Pada kesempatan kali ini saya akan berpidato tentang kepedulian pada lingkungan. Sebelumnya saya akan jelaskan terlebih dahulu mengapa kita harus peduli kepada lingkungan.
 Dewasa ini keadaan bumi kita kian mengkhawatirkan. Banyak kegiatan manusia yang tidak ramah lingkungan yang dapat merusak lingkungan. Penggundulan hutan terjadi dimana-mana, pengeprasan bukit untuk kepentingan bisnis, dan juga penggunaan bahan bakar fosil dalam skala yang besar. Semuanya itu adalah sebab bertambahnya emisi gas karbon di lapisan atmosfir bumi. Sehingga dampaknya adalah meningkatnya suhu bumi atau yang disebut pemanasan global.


Hadirin,
Dampak tidak berhenti disitu, kegiatan manusia tersebut menimbulkan efek domino terhadap keadaan di bumi. Jika suhu di bumi terus naik, maka itu akan mengancam kelangsungan hidup makhluk hidup yang ada di bumi.
Tujuh belas persen spesies hewan dan tumbuhan ada di Indonesia. Yang artinya apabila alam di Indonesia terus dirusak, maka itu akan berpengaruh secara global. Jika hutan terus dirusak seperti yang sekarang banyak terjadi, maka tujuh belas persen spesies hewan dan tumbuhan yang ada di bumi akan terancam kelangsungan hidupnya.
 Hewan, tanaman akan terancam punah jika habitatnya terus dirusak dan tak layak huni lagi, seperti habitat orang utan, harimau sumatra yang semakin berkurang yang dapat memperbesar potensi punahnya satwa itu. Jika salah satu spesies makhluk hidup punah maka dampaknya adalah terjadinya kekacauan dalam sistem rantai makanan yang sudah tertata sebelumnya.
Hadirin yang terhormat,
Mereka mengatakan bahwa bumi ini diciptakan untuk manusia, untuk kesejahteraan manusia. Jadi wajar apabila kita mengeksploitasi kekayaan alam yang ada di bumi untuk kesejahteraan manusia. Mereka sering membabat hutan dan dibiarkan begitu saja tanpa ada reboisasi, Mereka membuka lahan untuk perumahan dan perindustrian tanpa ada usaha untuk menjaga lingkungan tetap hijau. Apakah kita lupa bahwa kita sebenarnya adalah khalifah di bumi, pemimpin di bumi. Pemimpin yang mempunyai tugas untuk mengatur, mengelola dan memanfaatkan kekayaan alam yang ada di bumi sebaik-baiknya untuk kesejahteraan umat manusia. Jika kita mengeksploitasi kekayaan alam dengan berlebihan tanpa adanya peremajaan, lalu bagaimana nasib anak cucu kita? Bukankah anak cucu kita juga memiliki hak untuk memanfaatkan kekayaan alam? Bukankah anak cucu kita memiliki hak untuk hidup sejahtera?
Hadirin yang berbahagia,
Jika saat ini kita dapat hidup sejahtera, itu karena keberhasilan nenek moyang kita dalam menjaga lingkunganya. Jadi, jika ingin kelak anak cucu kita hidup sejahtera maka itu tergantung pada usaha kita dalam menjaga lingkungan kita saat ini. Dapat menghirup udara segar adalah warisan terbaik kita untuk anak cucu kita. Saya rasa hal-hal yang sudah saya jelaskan dapat menjawab mengapa kita harus peduli kepada lingkungan.
Hadirin,
Melestarikan lingkungan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, melainkan tanggung jawab umat manusia secara keseluruhan.
Pemerintah Indonesia dalam kebijakannya telah menerapkan pembangungan berkelanjutan yakni pembangunan berwawasan lingkungan. Pembangungan berwawasan lingkungan adalah usaha pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup manusia dengan memperhatikan lingkungan.Pembangungan ini dalam penerapannya memanfaatkan alam secara efektif dan efisien serta melakukan peremajaan pada lingkungan.
Sedangkan usaha yang dapat dilakukan masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan banyak caranya. Diantaranya adalah menghemat penggunaan energi, menggunakan energi alternatif, penerapan prinsip 3R (Reuse, Recycle, Reduce).
Reuse atau memakai kembali berarti menggunakan kembali barang-barang yang masih layak kita pakai. Tak perlu langsung membuang barang-barang yang masih layak.
Reduce atau mengurangi. Kita sebaiknya mengurangi bahan-bahan yang sulit didaur ulang. Contohnya kantong plastik, jangan menggunakan kantong plastik secara berlebihan.  
Mengurangi pemakaian energi yang berlebihan. Gunakan sarana transportasi umum, sepeda, atau berjalan kaki jika ingin ke tempat yang tidak jauh. Jangan menggunakan sepeda motor atau mobil hanya untuk menjangkau tempat-tempat yang relatif dekat. Bersepeda atau berjalan kaki jelas lebih sehat daripada harus duduk diam di atas kendaraan.
Kurangi ketergantungan kita pada bahan bakar minyak sebagai sumber energi dan gunakanlah energi alternatif sebagai sumber energi. Fakta membuktikan bahwa minyak adalah salah satu penyebab peperangan yang ada di timur tengah. Mari kita gunakan sumber energi lainnya yang dapat diperbaharui seperti angin, air dan sinar matahari.
Recycle atau daur ulang. Gunakan barang-barang yang tertera lambang recycle-nya. Barang-barang ini lebih ramah lingkungan karena dibuat dari produk daur ulang.
Hadirin yang berbahagia,
Masih banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Upaya sekecil apapun sangat besar manfaatnya terhadap kelangsungan hidup anak cucu kita. Mari kita berupaya menjaga lingkungan, sebelum semua ini terlambat. Mari kita pastikan anak cucu kita dapat menghirup udara segar.
Hadirin yang terhormat,
Dari penjelasan dan uraian saya di atas, dapat saya simpulkan bahwa kita sebagai khalifah di bumi berkewajiban menjaga dan menggunakan kekayaan alam dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan kita maupun anak cucu kita, sedangkan cara untuk menjaga lingkungan demi terciptanya kelangsungan hidup makhluk hidup di bumi adalah dengan melakukan pembangungan berkelanjutan yakni pembangunan yang menggunakan kekayaan alam dengan efisien, efektif dan tidak berlebihan serta upaya dalam peremajaan lingkungan.
Demikian pidato dari saya, apabila ada kesalahan dalam penyampaian pidato saya minta maaf.
Wassalamualaikum Wr.Wb.

Share This Article


0 comments:

Posting Komentar